Situs Lebak Kosala, Membawa Kita Kembali Ke Zaman Batu

Foto Situs Lebak Kosala via bantenterkini.com
Bantensite_Lebak Kosala merupakan sebuah situs prasejarah yang berasal dari zaman batu besar (megalitikum) dan terletak di Kampung Lebak Sangka Desa Lebak Gedong Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Situs Lebak Kosala bisa dibilang situs yang komplit dengan berbagai jenis batu khas peninggalan kebudayaan zaman batu tersebut, di antaranya adalah menhir, punden brundak, altar dan juga arca.

Menhir-menhir yang berada di situs ini memiliki permukaan yang halus dan berbentuk menyerupai papan (slab stone). Biasanya batu-batu seperti ini digunakan oleh masyarakat yang hidup di zaman megalitik sebagai tempat menyimpan sesaji dan menjalankan ritual-ritual kepercayaan pada masa tersebut.
Di situs Lebak Kosala ini juga ditemukan batu-batu yang berbentuk bulat, yaitu batu-batu yang menyerupai pelor atau peluru senapan namun dengan ukuran yang jauh lebih besar. Karena bentuknya yang menyerupai pelor, pada akhirnya masyarakat menamakan batu bulat tersebut dengan sebutan batu pelor.

Selain itu, di situs ini juga masih terdapat peninggalan kebudayan megalitikum lainnya. Peninggalan tersebut yaitu berupa bangunan punden berundak yang terdiri dari lima undakan dan di setiap undakannya terdapat sebuah batu benrbentuk tugu (menhir).

Hingga saat ini situs lebak kosala masih di anggap keramat dan beberapa ritual kepercayaan juga masih dilakukan oleh sebagian masyarakat di sekitar situs. Selain itu kondisi situs ini juga masih terjaga dengan baik melalui pemeliharaan dan pengawasan masyarakat sekitar.
Bagi anda yang ingin menyelami zaman prasejarah dan mempelajari kebudayaan zaman batu, maka berkunjunglah ke Banten. Karena selain situs lebak kosala ataupun lebak sangka kosala di Banten juga masih terdapat situs kepurbakalaan lain yang tersebar di beberapa tempat lainnya.

Di situs lebak sangka kosala ini pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan peninggalan-peninggalan zaman batu tersebut, namun juga dapat sekaligus menikmati keindahan alam yang berada disekitarnya.
Baca Juga : Situs Batu Bedil Bayah, Peninggalan Prasejarah Di Ujung Selatan Banten