Misteri Belut Raksasa Penunggu Goa Lalay Sawarna

Ilustrasi : belut raksasa penunggu goa lalay sawarna
Bantensite - Goa Lalay atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Goa Kelelawar terletak di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Seperti yang telah ramai diketahui, keberadaan tempat-tempat wisata biasanya selalu di bumbui dan dikaitkan dengan cerita masyarakat tentang legenda, mitos ataupun misteri yang menyertai keberadaan tempat tersebut. Sebut saja misalnya mitos batu bertuah pantai karang seke di Binuangeun, atau mitos Nyi Roro kidul di Pelabuhan Ratu serta masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.

Sama halnya dengan tempat-tempat di atas, Goa Lalay yang merupakan salah satu objek wisata andalan Desa Sawarna ini juga ternyata menyimpan sebuah misteri. Di balik keindahannya konon di dalam Goa yang memiliki kedalaman sekitar dua kilometer ini dihuni oleh makhluk mistis sejenis belut atau lindung dengan ukuran yang tidak biasa. Menurut berita yang beredar di masyarakat, ukuran belut mistis tersebut hampir sama dengan ukuran drum, tetapi dalam versi lain ada juga yang menyebutkan ukurannya sebesar tumbukan padi.

Belut mistis raksasa penunggu goa lalay ini konon tidak pernah mengganggu pengunjung yang datang dan hanya keluar pada saat menjelang petang saja. Masih menurut penuturan masyarakat, ketika belut mistis raksasa ini keluar dari goa ia hanya akan mengeluarkan kepalanya saja dan tidak pernah menampakkan wujudnya secara utuh ke permukaan.

Meski terdapat mitos tentang belut raksasa, goa lalay tetap ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Selain itu pengunjung juga tidak perlu takut untuk berwisata ke tempat ini. Karena meskipun terdapat mitos tentang hewan mistis, di sini tidak ada pantangan ataupun peraturan tertentu yang berkaitan dengan mitos tersebut.

Hingga saat ini keabsahan tentang keberadaan belut raksasa penunggu goa lalay ini memang masih belum dapat dibuktikan secara nyata. Kemungkinan besar belut raksasa ini hanyalah mitos yang beredar di masyarakat dan dipercaya sebagai penjelmaan dari makhluk halus penunggu goa tersebut.

Namun jika belut raksasa itu ternyata memang benar adanya, pastinya akan menjadi penemuan yang sangat fenomenal ya Bansiters!. Pada akhirnya, percaya ataupun tidak itu begantung pada apa yang Bansiters semua yakini.