Curug Gede, Potensi Wisata Alam Kandang Sapi Yang Layak Dioptimalkan

Curug Gede Kandang Sapi via Facebook
Bantensite_Sebagai Kabupaten dengan luas wilayah terbesar di Provinsi Banten, tentunya Lebak masih memiliki banyak potensi wisata alam yang belum banyak terekspose dan dimaksimalkan seutuhnya, salah satunya adalah wisata alam Curug Gede. Wisata Curug Gede terletak di Kampung Sindang Pati, Desa Kandang Sapi, Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak - Banten.

Sama halnya seperti potensi-potensi alam di kabupaten Lebak bagian Selatan pada umumnya, potensi wisata alam Desa Kandang Sapi yang satu ini memang belum cukup dikenal dan dijadikan pilihan bagi para wisatawan. Curug yang memiliki ketinggian sekitar lima meter dengan lebar sekitar 15 meter ini berada di aliran Sungai Cigede dan juga merupakan muara tempat bertemunya sungai Cigede dan Sungai Cipataap yang berada di Bawahnya.
Untuk menuju ke tempat Curug Gede ini berada, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi baik itu roda dua maupun empat. Kemudian langsung ke Kecamatan Cijaku dan diteruskan ke Desa Kandang Sapi, tepatnya di kampung tempat Curug Gede berada yaitu Kampung Sindang Pati. Karena disini belum tersedia jasa parkir dan sejenisnya, di kampung Sindang Pati ini kita bisa menitipkan kendaraan di rumah warga setempat.

Dari sini perjalanan pun akan di lanjutkan dengan berjalan kaki dengan menyusuri jalan setapak melalui perkebunan warga dan lebatnya ruyuk awi (rumpun bambu) yang menghiasi sepanjang perjalanan ke Curug. Selain itu, medan jalan yang licin dan naik turun membuat kita harus ektra hati-hati saat melewatinya, karena jika tidak berhati-hati resiko terpeleset dan jatuh akan cukup besar sehingga akan membayakan bagi kita dan pengunjung lainnya. Oleh karenanya, ada baiknya untuk saling menjaga dan berhati-hati saat melalui jalan-jalan yang sulit dilalui.

Setelah beberapa menit berjalan, suara gemuruh dari air yang terjatuh mulai sayup-sayup terdengar di kejauhan, sehingga membuat hati tak sabar ingin segera sampai dan menatap secara langsung pesona keindahan ciptaan Allah yang berada di sudut perkampungan desa Kandang Sapi ini.
Sekitar 15 menit berjalan melewati medan yang cukup berat dan ekstrim, akhirnya penampakan Curug Gede pun akan mulai terlihat di antara rapatnya dedaunan yang menghalangi pandangan mata. Kemudian hanya tinggal menuruni jalan beberapa langkah, kita pun akhirnya sampai dan dapat melihat penampakan utuh dari Curug indah yang bernama Curug Gede ini. Maka terbayarlah sudah rasa lelah dan beratnya perjalanan dengan keindahan dan dari pesona Curug Gede ini, dinginnya air dan sejuknya udara di sekitar Curug tersebut seolah membuat semua penat itu hilang tak tersisa. Begitu indah potensi wisata alam yang berada di Desa Kandang Sapi ini.

Itulah secuil gambaran tentang potensi wisata alam Curug Gede yang berada di Desa Kandang Sapi, Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak-Banten. Potensi yang sangat besar dengan keindahan yang masih sangat alami sangat disayangkan jika tidak dikelola dengan baik. Bukan tidak mungkin Curug Gede Kandang Sapi ini suatu saat bisa menjadi salah satu destinasi wisata alam yang cukup dikenal dan menjadi pilihan bagi para traveler untuk singgah dan menikmati keindahannya. 

Sebagai informasi tambahan, hanya beberapa meter dari lokasi tempat Curug Gede berada terdapat Curug lainnya yang tidak kalah indah yaitu Curug Cipataap. Jadi, selain bisa menikmati keindahan Curug Gede kita juga bisa menikmati keelokan Curug Cipataap sekaligus, dua keindahan dari beberapa potensi wisata alam Lebak Selatan.
Baca Juga : Curug Kanteh, Air Terjun Perawan Di Lebak Selatan-Banten