7 Jurus Jitu Selesaikan Skripsi Dengan Cepat

Jurus Jitu Selesaikan Skripsi
Bantensite_Bagi setiap mahasiswa skripsi adalah satu tahapan wajib yang harus dilalui untuk mendapatkan sebuah gelar sarjana dan mengakhiri satu tahapan pendidikan dalam hidupnya. Namun bagi sebagian mahasiswa yang sedang menjalani smester akhir, nampaknya skripsi telah menjelma menjadi sesuatu yang sangat menyeramkan dan menakutkan. Setiap malam, pagi, siang, sore hingga malam lagi yang terbayang hanya skripsi, skripsi, dan skripsi. Seakan-akan ia terus menghantui hingga tak jarang sampai membuat si mahasiswa lupa makan, minum, dan kapan tidur nyenyak terakhir dalam kehidupan mereka.Waoww….. hehe…

Memang tak bisa dipungkiri, skripsi akan cukup menguras waktu, kantong dan emosi mahasiswa yang sedang berjuang di smester akhir. Rasa gelisah dan tak tenang seringkali muncul ketika batas waktu yang ditentukan (deadline) sudah semakin dekat. Hidup pun seperti berpacu dengan bom waktu yang membuat kepala seakan bisa tiba-tiba meledak setiap saat. “BoO0Mm…!!!”

Mungkin kalian pernah mendengar tentang mahasiswa yang telat wisuda gara-gara skripsi mangkrak tak tergarap?, Atau mungkin kalian juga pernah mendengar tentang dosen pembimbing yang super killer dan susah ditemuin buat bimbingan?, atau mungkin pernah juga mendengar tentang dosen yang dengan entengnya nyorat-nyoret pekerjaan mahasiswa yang sudah dibuat sampe gak tidur 3 hari 6 malem?.Yupp, itulah sebagian permasalahan yang seringkali dihadapi oleh mahasiswa semester akhir.

Eitss, tapi jangan takut dulu!, karena sesungguhnya moment-moment penggarapan skripsi tidaklah seseram dan sehoror itu. Banyak hal-hal seru dan menyenangkan yang bisa kalian nikmati dan rasakan di dalamnya. Hal-hal yang seringkali terabaikan dan terseruduk oleh mitos seram yang melegenda di kehidupan kampus tentang tugas akhir bernama skripsi ini. Namun demikian, jangan pernah sekali-kali kalian berfikir untuk meremehkannya, karena kalian pasti akan menyesal jika melakukannya. Camkan itu baik-baik… hahaha..

Okelah, agar kalian tidak menyesal di akhirnya, dalam coretan ini kita mau ngasih sedikit tips supaya terhindar dari Wisuda telat yang akan membuat hidup kalian semakin ngenes, gak bergairah, apalagi sampe dapat titel Maskot (mahasiswa kolot) yang mangkal sampe 14 semester. Pastinya Bansiters gak mau kan??

Berikut jurus-jurus yang mungkin bisa kalian gunakan untuk menaklukkan skripsi yang sedang kalian kejar :

1. Niat Yang Kenceng
Inget ya Bansiters, yang pertama harus kalian lakukan itu adalah niatkan kuat-kuat dalam hati bahwa kalian akan menyelesaikan tugas skripsi kalian, tanamkan bahwa apapun yang terjadi kalian harus menyelesaikan skripsi itu secepatnya, TITIK tanpa koma. Meskipun badai, hujan dan sinetron anak jalanan sudah tak tayang lagi kalian harus tetap berusaha keras untuk menyelesaikannya. Ingatlah, karena tanpa niat yang kuat,,,,(Isi sendiri lanjutannya). Intinya NIAT.

2.  Persiapkan T T M
Eits tar dulu ya, TTM di sini bukan Teman Tapi Mesra kaya judul lagunya T2 itu ya Bansiters!, tapi TTM di sini adalah Target Tuntas Maksimal (TTM). Banyak mahasiswa yang gagal wisuda karena tidak mempunyai TTM yang jelas. Karena itu kalian harus merencanakannya dan persiapkan dengan matang sedini mungkin. Usahakan targetkan secepat-cepatnya. Karena semakin cepat skripsi itu Bansiters selesaikan, maka semakin meredeka pulalah hidup kalian.

3. Sering Konsul ke Dosen Pembimbing (Bimbingan)
Nah, seringkali permasalahan mahasiswa adalah malas ketemu pembimbing atau segan dan takut disalahkan kemudian skripsi mereka dicorat coret. Sebenarnya, Dosen pembimbing adalah salah satu kunci keberhasilan mahasiswa menyelesaikan skripsi. Karena sebenarnya coretan dalam skripsi adalah sebuah keniscayaan dan jika tanpa coretan, maka apalah arti skripsi kalian. Jadi, sering-seringlah temui dosen pembimbing dan minta arahan dan nasihat mereka, dengan begitu kalian akan semakin dekat menuju garis finish. Kalo kalian bisa jadiin Mertua itu lebih baik, hehe.

4. Jangan Ngeyel, ikuti intruksi pembimbing terkait materi Skripsi
Seringkali mahasiswa merasa bahwa apa yang ada dalam skripsinya itu sudah benar, atau mungkin dia mempunyai referensi yang berbeda dengan sang pembimbing. Dalam kondisi seperti ini tidak ada salahnya menyampaikan pendapat pribadi, namun itu bisa menjadi suatu kesalahan yang besar jika kalian sampai mengajak pembimbing Berdebat, apalagi sampai menyepelekan arahannya. Sebagian Dosen pembimbing memang tidak seutuhnya paham tentang skripsi kalian, namun banyak juga pembimbing cukup ahli dalam hal tersebut. Dalam keadaan seperti ini sebaiknya Bansiters ambil semua arahan dosen dan ikuti semua intruksinya (main aman, haha).

5. Konsul juga ke senior
Jika kalian fikir cukup dengan konsultasi dengan pembimbing, itu memang cukup. Namun jika kalian ingin lebih cepat lagi, maka dekatilah senior kalian dan mintalah saran dan ide-ide serta nasihat dari mereka. Karena bagaimanapun senior tetap lebih berpengalaman dari kalian yang baru mengerjakan skripsi. Selain itu, senior lebih tau tentang karakteristik dosen yang akan kalian hadapi dan pastinya mereka lebih paham bagaimana jurus jitu untuk menghadapinya. 

6.  Banyakin Garap Sendiri, Kurangi Garap Bareng-bareng
Maksudnya, sewajarnya mahasiswa ingin kelar secepat mungkin dan lulus bareng dengan teman-teman seperjuangan mereka satu angkatan. Hingga kemudian memilih mengejakan skripsi secara berkelompok di suatu tempat yang dianggap kondusif. Namun biasanya, praktik yang terjadi adalah, mereka gagal fokus karena terlalu banyak becanda dan makin malem makin mellow dengan sesi curhatan masal, akhirnya proyek skripsi pun kembali ditunda. Mungkin bisa sih ngerjain bareng-bareng, tapi kalian harus ngerjain bareng temen yang bener-bener keliatan pengen cepet-cepet wisuda.

7. Berdo’alah, Niscaya Allah akan kabulkan
Ini dia, salah satu senjata yang sangat ampuh, selagi kalian terus berusaha sekuat tenaga, usahakanlah jangan pernah lupa berdo’a kepada Allah yang Maha segalanya. Karena tanpa kasih sayangNya kita tidak akan pernah bisa menyelesaikan apapun. Sebaik apapun perencanaan yang kita buat dan siapkan, akan menjadi sia-sia saja jika sang Maha Pembuat Rencana tidak meridhainya. Maka kalo mau cepat selesai, Bansiters jangan sampai lupa dengan point yang satu ini yaaa…


Itulah sedikit tips atau jurus rahasia yang mungkin bisa kalian pakai untuk mengalahkan Monster seram melegenda bernama skripsi. Semoga bisa bermanfaat, selamat mencoba dan Good Luck.