Golok Ciomas, Senjata Khas Jawara Banten

Golok Ciomas
Bantensite_Banten memang sudah lama dikenal sebagai tempatnya para jawara dan orang sakti, bahkan tak jarang sebagian orang di luar Banten berpandangan  stereotype bahwa hampir semua orang Banten mempunyai kesaktian. Di luar itu semua, Banten juga ternyata memiliki senjata tradisional yang sudah sangat dikenal luas karena bentuk, ketajaman, serta bumbu mistis yang berada di dalamnya, yaitu Golok Ciomas-Banten.

Pengrajin Golok Ciomas sendiri meyakini adanya pengkhususan waktu dalam pembuatan senjata khas yang satu ini, yaitu sekitar bulan maulud dan dibuat hanya pada malam ke-12 dengan melalui ritual-ritual tertentu. Proses pembuatannya pun tak lepas dari ritual-ritual spiritual serta tahapan-tahapan khusus yang harus dilewati, inti besi yang akan dibuat Golok Ciomas ditempa menggunakan Godam/Palu yang diyakini merupakan warisan dari Ki Cengkuk yang disebut dengan Ki Denok. Konon, KI Cengkuk merupakan leluhur Banten yang pertama kali membuat Golok Ciomas ini dengan menggunakan Godam yang dia terima dari Sultan Maulana Hasanudin.
Situs Batu Bedil, Peninggalan Prasejarah di Selatan Banten
Setelah Golok tersebut jadi, kisaran harga Golok Sulangkar atau Golok Ciomas tanpa sertifikat yang dibuat melalui ritual khusus yaitu sekitar 2-3 juta rupah, itupun tergantung pada ukuran dan tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya.

Namun selain Golok Sulangkar alias Golok Ciomas seperti yang telah kami paparkan di atas, pengrajin Golok di Ciomas juga tetap memproduksi Golok-Golok biasa. Golok Ciomas biasa yang dibuat tanpa ritual-ritual tertentu ini bisa dipesan kapanpun dan tentunya dengan harga yang relatif lebih murah. Kisaran harga golok Ciomas biasa yaitui sekitar 500 ribu, itupun tergantung tingkat kesulitan serta ukuran Golok yang dipesan.
Selain ketajaman dan bumbu-bumbu mistis yang menyelimutinya, Golok Ciomas juga memiliki jenis serta bentuk yang khas. Jenis Golok Ciomas antara lain adalah Cadung, Mamancungan, Kembang Kacang, Salam Nunggal, Malapah Gedang dan Bedul Mungkuk. Setiap jenis dari golok Ciomas ini memiliki karakter dan kekhasan tersendiri namun tetap mempertahankan ketajaman serta kekuatan dari Golok-golok tersebut. Oleh karenanya banyak dari para jawara Banten dari dulu hingga sekarang masih tetap menjadikan Golok Ciomas sebagai senjata yang tidak tergantikan.
Asal Usul Penamaan Desa Wisata Sawarna