Curug Ciporolak, Air Terjun Menawan Di Ujung Selatan Lebak

Curug Ciporolak di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak-banten
Bantensite_Seakan tidak ada habisnya, satu lagi tempat wisata alam yang berada di Kabupaten Lebak kini mulai menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati sensasi indahnya keajaiban alam ini secara langsung, tempat wisata tersebut tidak lain dan tidak bukan ialah Curug Ciporolak. Curug atau Air Terjun yang dikenal sangat indah ini terletak di ujung Selatan Kabupaten Lebak, tepatnya di Desa Hegarmanah atau Lebak Picung, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak-Banten.

Selain itu, nama Curug atau Air Terjun Ciporolak sendiri di ambil dari bahasa Sunda yang terdiri dari dua suku kata yaitu “Ci/Cai” yang berarti “Air” dan “Porolak/Morolok” yang berarti “Berjatuhan”, kemudian jika dua kata tersebut disatukan maka akan menjadi sebuah frasa yang berarti “Air yang Berjatuhan”.

Baca Juga : Curug Munding, Air Terjun Alami di Peloksok Gunung Kencana-Lebak

Hampir setiap harinya Curug Ciporolak selalu ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya wisata alam yang masih perawan ini. Namun sejauh ini Curug Ciporolak hanya dikelola oleh masyarakat sekitar dengan fasilitas yang masih sangat sederhana dan seadaanya. Andai saja potensi ini dikelola dengan baik dan benar bukan tidak mungkin kedepannya Curug Ciporolak yang berada di Kecamatan Cibeber ini akan menjadi salah satu destinasi wisata alam terbaik di Lebak-Banten bahkan di Indonesia.

Namun sayangnya lokasi tempat Curug ini berada masih belum bisa dijangkau menggunakan kendaraan bermotor, hal ini dikarenakan untuk menuju kesana hanya ada jalan setapak dengan medan yang naik turun perbukitan sehingga tidak memungkinkan untuk melakukannya. Karena itu, setelah sampai di Desa Hegarmanah ataupun Lebak Picung biasanya para pengunjung masih harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi tepatnya Curug tersebut.

Tapi anda tidak perlu khawatir, meskipun harus berjalan kaki dengan melalui jalan setapak semua itu tidak akan terlalu terasa melelahkan, karena di sepanjang perjalanan menuju Curug Ciporolak mata kita juga akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan pesawahan dan sekaligus melihat hijaunya perkebunan teh milik PT.Harendong yang berjajar rapi di antara perbukitan yang ada disana.

Setelah sampai di sana kita akan langsung disuguhkan dengan pemandangan serta udara sejuk yang akan menyambut kita ketika memasuki lokasi tempat Curug Ciporolak ini berada. Suasana akan semakin sempurna dengan suara kicauan burung-burung yang riang bernyanyi, mereka akan saling bersahutan memecah kesunyian alam bersama deburan air yang terjatuh di antara bebatuan. Pokonnya kita akan menemukan banyak hal-hal indah lain yang mampu menegaskan tentang keistimewaan Curug Ciporolak ini, karenanya siapapun pasti tidak akan menyesal setelah dating berkunjung dan melihat keindahannya secara langsung.

Baca Juga : Curug Kebo, Niagara Kecil Dari Malingping-Lebak

Di Curug Ciporolak ini pengunjung juga bisa mandi sepuasnya namun dengan syarat tidak diperbolehkan mandi di bagian tengah-tengahnya.  Pengunjung hanya diperbolehkan untuk mandi di tepiannya saja karena kedalaman air di bagian tengah sangat dalam dan di khawatirkan akan membahayakan keselamatan pengunjung itu sendiri jika tetap melakukannya.

Jika kita ingin mengunjungi destinasi wisata alam Air Terjun atau Curug Ciporolak ini, kita bisa langsung menuju ke Desa Hegarmanah atau bisa juga melalui Desa Lebak Picung, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten-Indonesia. Dari sana kita akan jalan kaki melalui jalan setapak sampai ke tempat tujuan, yaitu Curug Ciporolak Cibeber.

Baca Juga : Curug Dengdeng, Air Terjun Eksotis di Selatan Banten


Itulah sedikit gambaran tentang keindahan Air Terjun Ciporolak atau lebih dikenal juga dengan sebutan Curug Ciporolak yang merupakan salah satu potensi besar bagi industri pariwisata di Kabupaten Lebak. Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat dan memberikan tambahan opsi untuk liburan anda selanjutnya ketika berkunjung ke Lebak Selatan.