Goa Langir, Perpaduan Keindahan Pantai dan Goa

Goa Langir Sawarna
Bantensite_Rasanya memang tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa Desa Sawarna telah menjelma menjadi salah satu destinasi pavorit di Banten bahkan di Indonesia. Di Desa Wisata Sawarna ini selain terdapat objek wisata andalannya yaitu pantai Tanjung Layar kita juga akan banyak menemukan objek-objek wisata lain yang tidak kalah indah dan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja, salah satunya adalah Goa Langir.

Baca Juga : Pantai Sawarna, The Hidden Paradise in Banten

Goa Langir terletak di Kampung Cikaung dan merupakan satu dari beberapa Goa yang yang bisa kita temukan di Desa Sawarna. Goa yang memiliki tinggi kurang lebih 10 meter dan lebar sekitar 3 meter ini memiliki mulut goa menghadap ke laut lepas, dan mulut goa ini pun berada tepat di Tepi Pantai Kampung Cikaung, karenanya kita bisa menikmati dua sensasi keindahan yang berbeda yaitu keindahan Pantainya dan keindahan Gua Langir itu sendiri.

Suasana di dalam goa langir ini terasa begitu lembab dengan pemandangan batuan Stalagtit dan Stalagmit yang menghiasi seisinya, tetesan air yang jatuh dari ujung-ujung batuan stalagtit pun senantiasa menyambut kedatangan kita ketika memasuki Goa ini. Keadaan di dalam goa ini cukup gelap karena memang tidak ada pencahayaan lampu, yang ada hanya bias sinar matahari yang memantul terbatas dari mulut goa. Karenanya jika kita ingin berkunjung ke Goa ini disarankan agar membawa alat penerangan seperti senter dan sejenisnya.

Baca Juga : Legenda dibalik Dua Batu Kembar Pantai TanjungLayar-Sawarna

Bagi anda yang ingin berkunjung dan menikmati keindahan dan sensasi yang diberikan objek wisata Goa langir ini tidaklah sulit, karena biaya masuk disini pun terbilang cukup terjangkau yaitu perorangnya hanya dikenakan biaya sekitar 5000 - 10.000 ribu rupiah saja. Lokasi Goa Langir ini terletak tidak jauh dari Pantai Tanjung Layar sehingga akses jalannya pun bisa dikatakan cukup baik dan anda pun tidak membutuhkan waktu lama untuk menjangkaunya.

Sebagai informasi tambahan, di Desa Wisata Sawarna ini kita juga masih terdapat Goa-goa lain yang tidak kalah eksotis dengan Goa Langir ini, diantaranya adalah : Goa Lalay, Goa Seribu Candy, Goa Kanekes dan Goa Harta Karun. Tentunya setiap goa memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri sehingga sangat saying jika hanya mengunjungi salah satunya saja.

Itulah gambaran singkat tentang Goa Langir yang berada di Kampung Cikaung, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat bagi para Bansiters semuanya.