Bendungan Cikoncang, Wisata Alternatif di Perbatasan Wanasalam-Cikeusik

Bendungan Cikoncang (Dok. Bantensite)
Bantensite - Kecamatan Wanasalam yang masih berada di wilayah hukum Kabupaten Lebak bagian Selatan ini memang dikenal dengan objek wisata pantainya yang cukup indah dan beragam, tepatnya terletak di sepanjang garis Pantai Desa Binuangeun, Diantaranya adalah  Pantai Karang Malang, Pantai Kembang Ranjang, Pantai Sawah Kabayan dan Pantai Karang Seke yang sudah terlebih dahulu hits menjadi destinasi wisata unggulan dari Kecamatan ini. Namun demikian potensi wisata yang ada di Kecamatan ini ternyata tidak melulu seputar Pantai dan Laut saja, masih ada tempat wisata yang bisa menjadi alternatif jika anda merasa bosan dengan Wisata Pantai, yaitu wisata buatan yang berupa waduk yang biasa masyarakat sekitar menyebutnya Bendungan Cikoncang.

Baca Juga : Mengenal Kecamatan Cikeusik Lebih Jauh Yuk

Waduk yang dibuat pada awal tahun 1980an dan memiliki luas sekitar 1.805 hektare ini dibangun membentang membendung aliran air Sungai Cikoncang yang menjadi perbatasan antara Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang, tepatnya antara Kecamatan Cikeusik yang masuk kedalam wilayah hukum Kabupaten Pandeglang dan Kecamatan Wanasalam yang merupakan bagian dari Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Selain berfungsi sebagai cadangan persediaan air untuk wilayah sekitarnya, Bendungan Cikoncang ini juga dikenal sebagai penghasil ikan air tawar seperti Ikan Mas, Mujair dan Nila di sekitar wilayah tersebut, hal ini dapat dilihat dari banyaknya  jaring-jaring apung perusahaan yang bisa dengan mudah kita temukan disini.

Berkunjung ke Bendungan Cikoncang ini rasanya tidak lengkap jika tanpa bakar-bakar ikan dan makan bersama atau warga sekitar biasa menyebutnya dengan Babacakan. Untuk mendapatkan ikan disini cukup mudah, kita bisa memancing sendiri sepuasnya secara gratis (di luar jaring apung), dan tentunya kita harus bersabar menunggu lebih lama untuk itu. Namun jika kita  hanya ingin babacakan di Bendungan Cikoncang ini tanpa memancing, kita bisa langsung membeli ikan yang sudah tersedia disini dengan harga yang cukup terjangkau, atau mungkin anda hanya   ingin sekedar duduk bersantai dan menikmati sensasi yang berbeda dari Wisata alternatif Bendungan ini juga bisa.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Yang Tidak Boleh Dilewatkan Di Binuangeun

Potensi Bendungan Cikoncang sebagai obyek wisata alternatif cukup besar, namun sayangnya potensi yang ada seakan terabaikan karena tidak dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat  dan dinas terkait. Namun tenang saja, sambil menunggu sampai saat itu tiba, kita juga masih bisa menikmati sensasi berbeda dari kesederhanaan yang disuguhkan oleh Bendungan Cikoncang ini.

Itulah artikel sederhana tentang Bendungan Cikoncang sebagai destinasi wisata alternatif yang terletak di Desa Katapang, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Semoga bermanfaat dan menjadi rujukan bagi liburan Bansiters selanjutnya.