Asal Muasal Pantai Karang Bolong dan Legenda Petapa Sakti

Pantai Karang Bolong (Dok)
Bantensite - Karang Bolong, adalah nama sebuah pantai yang terletak tepat di ruas jalan antara Carita-Anyer dan merupakan salah satu pantai kenamaan yang berada di Provinsi Banten. Pantai yang memiliki ikon batu besar melengkung dan membentuk sebuah lorong besar di bawahnya ini adalah pantai yang kemudian kita kenal sebagai Karang Bolong hingga saat ini. Menurut analisa beberapa ahli, batu dengan lubang besar ditengahnya ini terbentuk karena letusan dahsyat Gunung Krakatau yang terjadi sekitar 1,5 abad silam, tepatnya pada tahun 1883 M.

Baca Juga : Pantai Bagedur, Eksotisme Wisata Pantai Cilangkahan

Namun dibalik semua penjelasan singkat tersebut terdapat sebuah cerita menarik yang beredar di masyarakat dan mengiringi keberadaan pantai Karang Bolong hingga saat ini. Konon, tempo dulu nama Pantai yang terkenal dengan batu berlubangnya ini bukanlah Karang Bolong seperti yang kita ketahui selama ini, namun pantai ini lebih dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan pantai Karang Suraga. Masih menurut penuturan masyarakat, nama Karang Suraga di ambil dari sebuah cerita tentang seorang pendekar bernama Suryadilaga. Suryadilaga adalah seorang petapa yang memiliki ilmu kanuragan sakti mandraguna dan seringkali bersemedi di Batu tersebut, bahkan konon ia pun bertapa di tempat tersebut hingga akhir hayatnya. Semenjak saat itulah batu besar tempat petapaan Suryadilaga ini disebut sebagai Karang Suraga.
Meski demikian sebagian masyarakat sekitar masih meyakini bahwa sang orang sakti yang telah lama meninggal dunia itu masih hidup dan bersemayam di sekitar tempat tersebut hingga saat ini. Tentunya kita harus bijaksana dalam menyikapi hal-hal semacam ini (yang hidup pasti akan mati dan yang mati hanya akan hidup lagi di alam selanjutnya, wallahu’alam)

Seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya zaman, maka semakin banyak pula pengunjung yang datang dari berbagai daerah untuk berlibur dan menikmati keindahan pantai Karang Suraga ini. Namun karena keunikan batu besar berlubang yang berada di tempat tersebut akhirnya nama Karang Suraga semakin memudar dan berganti menjadi Karang Bolong seperti yang telah kita ketahui hingga saat ini.

Baca Juga : Kebun Teh Cikuya, Berada di Lebak Berasa di Puncak