Leumeung Malingping, Kuliner Tradisional Khas Pakidulan

Leumeung
Bantensite - Jalan-jalan mengunjungi objek-objek pariwisata Lebak Selatan-Banten memang tidak pernah ada habisnya, apalagi jika ditemani keluarga dan orang-orang terkasih pasti akan sangat menyenangkan bukan?. Namun sayangnya perjalanan anda ke Lebak Selatan tidak akan sempurna jika anda tidak menikmati salah satu kuliner yang cukup termahsyur di sini, yaitu Nasi Ketan yang dibakar dalam Bambu atau yang biasa kita kenal dengan Leumeung.

Leumeung atau Lemang Malingping adalah kuliner khas Malingping, Lebak-Banten yang terbuat dari beras ketan dicampur dengan bumbu-bumbu yang kemudian diberi santan kelapa kental dan dimasukan kedalam ruas-ruas bambu yang sudah di potong sedemikian rupa. Setelah semua bahan selesai dimasukan ke dalam, kemudian bambu yang sudah terisi dengan semua bahan tersebut dibakar di perapian dengan hati-hati. Dibutuhkan keahlian khusus dan ketelitian  dalam membakarnya agar tidak sampai membuat bambu habis terbakar dan menyebabkan bagian dalam Leumeung gosong menghitam. Dan ketika semua proses pembakaran selesai maka Leumeung hangat khas Malingping siap dijajakan.

Baca Juga : Prasasti Cidanghiyang-Munjul, Pujian Bagi Raja Purnawarman

Kuliner Malingping yang mempunyai cita rasa dan aroma khas ini sangat nikmat jika disantap dalam keadaan masih hangat, aroma khas dari bambu yang terbakar dan gurihnya aroma santan didalamnya membuat setiap yang melihat tak tahan ingin segera melahapnya. Hidangan makanan ini juga akan terasa lebih nikmat jika ditemani dengan  telur asin, atau mungkin saja anda mempunyai ide lain untuk teman santapnya? Silahkan coba makanan khas Pakidulan ini yaa.

Untuk menemukan Leumeung di Malingping tidaklah sulit, makanan yang satu ini bisa dengan mudah anda temukan di Pasar Malingping dengan harga yang sangat terjangkau sehingga tidak perlu khawatir membuat dompet anda menjerit. Selain itu, makanan ini juga biasanya dijadikan pilihan para wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sini sebagai buah tangan yang cocok bagi keluarga di Rumah.

Jadi, ketika anda berkunjung ke Lebak Selatan jangan pernah lewatkan kesempatan untuk menikmati kuliner yang satu ini yaa. Karena jalan-jalan ke Lebak Selatan terutama ke Malingping tidak akan sempurna tanpa menikmati gurihnya Leumeung khas kota di Selatan Lebak-Banten ini.