Asal Usul Penamaan Desa Wisata Sawarna

Pantai Sawarna
Bantensite - Keindahan Pantai Sawarna memang sudah tidak bisa diragukan lagi, pasirnya yang putih, airnya yang jernih serta besarnya ombak khas Pantai Selatan menjadi daya tarik tersendiri yang bisa kita temukan disini. bukan hanya itu, masih ada satu lagi icon dari pantai Sawarna yang pastinya tidak mungkin untuk kita lewatkan, dua batu kembar yang berada di Tanjung Layar Sawarna, yaitu Batu Layar.

Pantai yang satu ini terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Namun tahukah teman Bantensite semua, darimanakah dan bagaimana asal usul tentang penamaan Pantai yang satu ini? Pastinya tidak semua tahu iya kan guys?

Oke guys, pada postingan kali ini Bantensite akan sedikit memberi informasi terkait asal usul penamaan Pantai Sawarna yang saat ini telah menjelma menjadi destinasi wisata sangat fenomenal dan popular di Lebak Selatan, Banten.

Setelah mendengar penuturan dan menggali informasi dari beberapa warga asli Sawarna, konon nama itu (Sawarna) di ambil dari nama salah seorang Kepala Desa yang memimpin di Desa tersebut, kepala Desa itu bernama “Swarna”. Dalam sejarahnya, Kades Swarna sendiri diperkirakan hidup sekitar tahun 1900-an dan merupakan tetua kampung sekaligus kepala Desa pertama yang memimpin Desa ini.

Baca Juga : Pantai Sawarna, The Hidden Paradise in Banten

Alasan lain pemilihan kata Swarna sebagai nama desa adalah karena nama kades tersebut cukup mencerminkan keadaan masyarakat di desa tersebut, dalam bahasa sunda kata Swarna atau Sawarna memiliki arti Satu Warna. Satu warna disini merujuk pada masyarakat di desa tersebut yang pada saat itu hanya ada satu warna atau satu suku, suku tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Suku Sunda.

Semenjak saat itu nama Sawarna semakin melekat kuat dan menjadi nama desa hingga saat ini. Hingga seiring berjalannya waktu, desa pesisir yang memiliki garis pantai pantai indah dan berbagai titik wisata ini menjelma menjadi sebuah destinasi paforit di Banten yang kita kenal saat ini sebagai Desa Wisata Sawarna.

Itulah sejarah asal muasal penamaan desa Sawarna yang mungkin belum semua ketahui, semoga postingan kali ini dengan judul Asal Usul Penamaan Desa Wisata Sawarna bisa bermanfaat bagi pembaca setia Bantensite. Dan terkait keabsahan cerita di atas hanya Allah yang tahu. Wallahu’alam bishshowab.