Pantai Pulo Manuk, Destinasi Wisata Pantai Banten

Picture by alone2die.blogspot.com
Bantensite - Jauh sebelum pantai Sawarna dikenal luas seperti sekarang, ternyata masyarakat Banten Selatan dan sekitarnya telah lebih dulu mengenal dan menjadikan Pulo Manuk sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup mereka gemari untuk berlibur bersama keluarga.

Konon, nama Pulo Manuk atau Pulau Burung (dalam bahasa Indonesia) ini di ambil dari sebuah pulau kecil di dekat pantai tersebut yang dulunya berebentuk menyerupai seekor burung. Pulau kecil tersebut terletak terpisah dari daratan dan pada waktu-waktu tertentu biasanya pulau tersebut dihuni oleh ratusan bahkan ribuan burung yang menghinggapinya. Sebagai salah satu destinasi wisata pantai paforit yang ada di Banten selatan, Pulo Manuk tentunya memiliki cukup banyak keistimewaan seperti destinasi paforit pada umumnya.

Pasirnya yang putih dan airnya yang sangat jernih begitu indah untuk dilewatkan. Selain itu disini juga terdapat muara sungai kecil yang biasa dijadikan tempat bermain air bagi para pengunjung bersama keluarga. Maka tidak mengheranjan jika pulo manuk inipun bisa membuat wisatawan betah untuk menghabiskan waktu liburannya disini.

Baca Juga : Kebun Teh Cikuya, Berada di Lebak Berasa di Puncak

Namun ternyata keistimewaan pulo manuk bukan hanya itu, lokasinya yang berdekatan dengan hutan Gunung Kembang membuat kita dapat menjumpai ratusan kelelawar yang bergelantungan di dahan-dahan pepohonan hutan dan monyet-monyet liar yang berkeliaran dan bermain-main di dekat pantai tanpa rasa takut, dan sebagian terlihat sudah terbiasa dan akrab dengan kehadiran manusia.

Untuk menuju ke Pantai Pulo Manuk ini tidaklah sulit, hal ini dikarenakan letak pulo manuk berada tepat di tepi jalan utama menuju Sawarna sehingga membuatnya lebih mudah ditemukan.

Berikut rute yang bisa Bansiters gunakan jika ingin berkunjung ke wana wisata yang satu ini :
*Jakarta-Serang-Pandeglang-Saketi-Malingping-Bayah-Pulo Manuk

*Sukabumi-PelabuhanRatu-Cisolok-Puncak Habibi-Cibareno-Pulo Manuk