Mata Air Panas Citando, Potensi Wisata Lebak Selatan Yang Terlupakan


Pengunjung Sedang Membasuh Tangan dan Wajahnya Dengan Air yang Berasal dari Mata Air Panas Citando
Bantensite - Citando Hot Spring atau lebih dikenal dengan Mata Air Panas Citando merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menarik dan sangat potensial. Mata Air Panas ini terletak di Kampung Citando, Desa Senang Hati, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak-Banten. Mendengar nama Mata Air Panas Citando mungkin bagi sebagian kita masih terasa asing ditelinga, jangankan untuk dikenal wisatawan asing, bahkan warga sekitaran Malingping pun masih sangat jarang yang menyadari keberadaan sumber mata air panas di Citando ini. Meski demikian, sebenarnya Mata Air Panas ini telah sejak lama eksis dan telah cukup dikenal pada masanya, yaitu sekitar tahun 1940 sampai tahun 1990-an.

Konon, sekira tahun 1940-an Mata Air Panas ini ditemukan oleh seorang nenek-nenek bernama Nyai, dan semenjak saat itu Mata air Panas ini mulai ramai dikunjungi dan dikenal banyak orang untuk dijadikan tempat wisata pemandian air panas. Namun, karena lokasinya yang terletak di pojok perkampungan dan akses jalan yang kurang mendukung serta minimnya perhatian pemerintah terhadap tempat wisata ini, sekira  tahun 1990-an surga Mata Air Panas ini semakin lama semakin tidak terurus dan akhirnya mulai terlupakan seiring berjalannya waktu.

Sebenarnya, tempat ini tidak hanya menyuguhkan wisata mata air panas saja, karena selain pesona mata air panasnya, tempat ini juga masih menyimpan banyak potensi dan keistimewaan yang belum tereksplorasi sepenuhnya.

Saat kita mulai memasuki tempat wisata ini, kita akan disambut dengan suara-suara tonggeret yang saling bersahutan dan berbagai hewan lainnya yang menggambarkan keperawanan alam yang ada disana. Selain itu, kita juga akan menemukan sekelompok primata jenis Lutung yang hidup dan bergelantungan di dahan-dahan pohon yang tumbuh tinggi diatas mata air panas tersebut.

Namun sayangnya kita belum bisa merasakan nikmatnya berendam di Citando Hot Spring ini, karena fasilitas dan infrastukturnya belum terkelola dengan baik sehingga tidak ada kolam-kolam untuk berendam, dan yang ada hanya talang-talang atau pipa-pipa sederhana yang terbuat dari bambu untuk mengalirkan air dari sumber-sumber mata air panas tersebut.

Itulah sekelumit tentang CITANDO HOT SPRING, surga mata air panas di sudut kota Malingping yang terlupakan. Semoga coretan akar rumput ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk liburan anda selanjutnya.