Pantai Sawarna, The Hidden Paradise in Banten

Pantai Sawarna
Bantensite - Desa yang terletak di pesisir pantai kecamatan Bayah, kabupaten Lebak, Provinsi Banten ini telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata paforit di Banten bahkan mungkin di Indonesia. Pemandangan alamnya yang indah nan mempesona mampu memanjakan setiap mata wisatawan yang datang ke tempat ini. Panjang pantainya yang membentang sekira 65 Km dihiasi dengan pasir putih berpadu dengan birunya air laut yang jernih menghadap langsung ke Samudera Hindia. Sawarna sendiri masuk dalam 10 besar Nominasi Desa Wisata Nasional Terbaik 2014 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), dan merupakan salah satu pantai terindah dari banyak pantai indah lainnya yang dimiliki Provinsi Banten.

Seperti Desa wisata pada umumnya, desa Sawarna juga memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya yaitu terdapat sepasang batu besar ikonik yang menjulang kokoh dan cukup tinggi di tepi lautnya. Masyarakat sekitar biasa menyebutnya sebagai Batu Layar yang memang batu tersebut terletak tepat di pantai Tanjung Layar. Tanjung layar ini pulalah yang menjadi ikon utama Desa Sawarna. Selain Tanjung Layar, Sawarna masih memiliki beberapa tempat wisata lainnya yang tidak kalah keren dan indah untuk anda kunjungi, diantaranya :

* Jembatan Gantung Sungai Cisawarna
* Pantai Teluk Legon Pari
* Bukit Cariang
* Hutan Lindung Pantai Cipamadangan
* Bukit Cariang
* Pantai Ciantir
* Goa Lalay
* Goa Langir
* Dll.

Bagi anda yang ingin melepas penat dan menyegarkan fikiran, atau mungkin sekedar menghabiskan masa berlibur. Pantai sawarna sepertinya cocok untuk dijadikan destinasi liburan anda selanjutnya bersama keluarga tercinta, ataupun rekan kerja anda. Dengan pemandangan dan daya tarik yang tiada tara, saya yakin anda akan terpikat dan tidak akan menyesal setelah datang ke Surga Kecil yang tersembunyi di Lebak Selatan ini.

Transportasi
Nah, bagi yang ingin berwisata alam dan menghabiskan waktu libur ke pantai yang satu ini, Bansiters bisa menempuh beberapa rute dibawah ini :
* Serang-->Pandeglang-->Malimping-->Bayah-->Sawarna,
* Serang-->Rangkasbitung-->Cileles-->Gunung Kencana-->Malimping-->Bayah-->Sawarna,

* Pelabuhan Ratu-->Ciabareno-->Bayah.